Tuesday, October 25, 2011

1st Flight

Hey yaaaaaaaaaaaaaa.... long time ga nulis nih, karena direpotin ama ujian dan ujian, blajar dan blajar!! *cari alasan* :p corat coretan kali ini gw pengen cerita gimana pengalaman terbang pertama kali dan gimana rasanya.

Well rasanya sih excited, deg2an, takut dan bingung!! ahahahahaha... intinya gitu deeh.... Terbang pertama gw tanggal 16 october itu disebut nya OJL (bukan Oh J.lo yaaaaaaaaaaaa!!) :D tapi On Job Learning! disini sebenernya cuma observed and do nothing. tapi baiknya sihh bantu2 jadi pas bener2 tugas pertama biar ga kagok. Di OJL ini kita mengamati gimana kerja cabin crew?gimana preparation nya dan dimana letak2 peralatan yang dibutuhin.

Tujuan OJL gw ini HKG-SIN-HKG jadi langsung balik ke hongkong lagi, sampe hongkong tengah malam, Nah ini gw sekarang mau ceritain dari awal buangeeet. Culture di Cathay Pacific semua crew sebelum mulai terbang akan ada briefing yang dipimpin oleh inflight manager dari penerbangan itu,ato disebutnya ISM. Dan yang bikin tegang adalah setiap kali briefing ISM akan selalu tanya tentang safety question,service plan dan hal2 yang berbau tentang immigrasi negara tujuan, dan yang ga bisa jawab bisa bisa bakalan di offload ga bole terbang -___-" ini nih yang selalu buat deg2an setiap kali mau briefing, jadi mau ga mau setiap kali kita mau terbang HARUS belajar!

Setelah briefing selesai semua crew langsung masuk bis menuju kepesawat untuk ground preparation. ISM untuk penerbangan ke Singapore ini super baik namanya Carrina, dia asal Filipine, dia kerja di cathay udh 27 tahun!! (udah sedikit aja cerita tentang ism nya yaah... kan ini mau cerita tentang gw :p ) Dan waktu di bis gw sangat kaget ISM nya nanya "Hey zoel, do you wanna seat in the cockpit when we take off latter on???" dan ga pake mikir gw langsung jawab "Yes Carrina! i want it"

 Singkat cerita...setelah observed apa yang cabin crew lakuin buat preparation dan welcoming passangers, si Carina manggil gw kedepan untuk masuk ke cockpit karena udah mau take off! *dalam hati gw... yaaaiiiyyy* seneng banget bisa duduk di dalem cockpit, karena ga semua bisa duduk didalem cockpit. setelah take of dan liat gimana pilot dan first officer nerbangin pesawat gw senyum2 sendiri *untung aja gak gilaa* setelah pesawat stabil baru gw kluar ke cabin untuk observed lagi dan bantu2 cabin crew. Dari sini gw banyak belajar how they handle people, how they serve people. ternyata ini bukan pekerjaan gampang, didalam pesawat itu berbagai macam orang dan berbagai bentuk. Ada yang sopan, ada yang bawel, ada yang banyak mau, ada yang nyolot..macem macem deh.

penumpangnya penuh, karena repot serving gak kerasa sampe juga di Singapore. Waktu transit cuma 1jam dan langsung balik ke Hongkong lagi. menjelang take off si Carrina manggil gw lagi ke depan, gw pikir disuruh ngapain, eh ternyata dia nyuruh gw untuk duduk di BISNIS CLASS!! aiiihhh.... girang lah gw, enak kursinya gede dan nyaman, secara harga tiket untuk bisnis class mahalnya ampun2 deh di cathay pacific. perjalanan balik ke hongkong kurang lebih sama seperti perjalanan dari Hongkong ke Singapore. dan setelah servis selesai tiba2 Section Leader dateng ke belakang ngasih gw makanan dari bisnis class. Ya udahlah ga pake nunggu langsung gw sikat aja itu makanan dari bisnis class :p

Pengalaman OJL yang menyenangkan dan semua crew baik baik dan mau ngebantu juniornya...meskipun capeeeek tapi banyak pelajaran dan pengalaman yang gw dapet dari situ. Setelah OJL ini yang buat gw seneng adalah 1st Operating as cabin crew di tanggal 20 October, karena tujuan nya jakarta dan overnight!! yaaaiiyyy... meskipun sebentar gw bisa ketemu temen2 dan sodara yang gw kangenin.Sebelum berangkat ke jakarta gw sempet2in untuk foto di Cathay Pacific, buat yang dapet like paling banyak di FB bisa dipakai promotion Cathay Pacific, so better like my pic yaa *ahahahaha.....numpang promosi ;p *


So far baru 3x terbang Jakarta, Shanghai dan Fukuoka, besok 26 October baru yang ke 4 dan ke Beijing. Ntar mulai November akan gw foto2 yaa negara tujuan gw, dan gw masukin di cerita blog ini... sementara ampe akhir October dapet tujuannya cuma overnight dan turn arround. starting November I will take some picture and I will share here :)

Thats all... cerita penerbangan pertama yang menegangkan dan seruuuu... yang paling penting buat gw disini adalah BELAJAR! banyak hal yang bisa gw pelajari disini Belajar mengerti apa yang orang lain rasakan, karena saat kita menghadapi passangers kita harus menempatkan diri kita di posisi mereka, Belajar untuk bersabar karena passenger macem2 maunya, jadi intinya kita harus Belajar dimanapun, kapanpun dan dalam kondisi apapun. Ga cuma flight attendant, tapi apapun kerjaan kalian belajar menempatkan diri itu sangat penting and give positive attitude :)

6 comments:

  1. congratulation kakak..^^
    someday,,aku bakal jadi salah satu penumpang cathay pacific ajah.. hahaha... :D

    ReplyDelete
  2. semangat kak zoel, semoga semuanya berbuah manis yaaah :). ditunggu tulisan selanjutnya :))

    ReplyDelete
  3. mana foto-fotonya, sini gue like hehehehehe...
    selamat ya buat penerbangan pertamanya yang lantjar dan menyenangkan, wuah... jadi kepengen ikutan terbang juga :)

    ReplyDelete
  4. from an anchor to a flight attendant? wew.. what a life! Safe flight, dude! :)

    ReplyDelete
  5. hi bang zoel,, mav kalo kurang sopan,,,

    ur story so inspiring, especially for me,,

    quw juga punya impian yg sama sperti bang zoel, pgen jadi pramugara CX juga,,mdh2n bs berbagi pgalaman,, n mw sharing ma quw,,,

    quw pernah mention bang zoel d twitter, tp mungkin sibuk skali jadi gag sempat blz mention q,,

    terima kasih,,^^

    ReplyDelete
  6. hi ko zoel ...
    bnr yah ntar di update lgi ?
    sekalian dong tips tips bwt jdi flight attedant cathay pacific ... thx yaa ^_^

    ReplyDelete